3 Jenis Motif Kerajinan Tekstil Batik Tradisional Yang Tetap Eksis

3 Jenis Motif Kerajinan Tekstil Batik Tradisional Yang Tetap Eksis. Lahir dan besar di Indonesia menjadi kebanggaan tersendiri. Negara yang memiliki banyak keragaman budaya ini memiliki seni batik yang menjadi salah satu warisan budaya di dunia. Batik sendiri merupakan kain yang bertuliskan lilin batik atau yang dikenal malam yang prosesnya dilakukan dengan cara melukiskan langsung pada kain.

Sejak dulu di jaman Sriwijaya, Indonesia sudah menjadi jalur perdagangan dunia. Sehingga berbagai macam produk tekstil dari Manca Negara sudah tersedia sebelum Indonesia mampu untuk memproduksinya sendiri. Sedangkan untuk kain mori yaitu jenis kain yang sudah melalui proses pemutihan sebagai salah satu bahan utama bagi pengrajin untuk  membatik sudah dapat memproduksinya sendiri.

Contents

READ  Ciri Untuk Distributor Besi Lengkap Surabaya Terpercaya

3 Jenis Motif Kerajinan Tekstil Batik Tradisional Yang Tetap Eksis

kerajinan tekstil
kerajinan tekstil

Kerajinan Tekstil Itu Apa ?

Kerajinan teksil ini sebenarnya adalah hasil karya seni yang bahannya terbuat dari tekstil. Sebenarnya kerajinan yang satu ini banyak sekali jenisnya. Salah satunya adalah berupa kain batik tulis tradisional cirebonan yang langsung dibuat menggunakan tangan dengan alat pembatik yang biasa disebut dengan canting.  Sehingga wajar saja kalau kerajinan tradisional ini memiliki nilai seni yang sangat tinggi dan harga yang sangat mahal.

Sehingga wajar kalau kerajinan tangan yang terbuat dari bahan kain ini memiliki peluang yang sangat besar untuk menambah penghasilan. Karena itu  tidak sedikit pengusaha lokal yang sukses dengan memiliki omzet jutaan rupiah dengan menekuni usaha  batik tradisional baik yang berupa kain batik maupun busana dari batik.  Sayangnya kain batik  tradisional ini produksinya sangat terbatas karena dibuat secara manaual menggunakan tangan.

 Jenis Kerajinan Dari Tekstil Batik Tradisional Yang Terkenal

Salah satu jenis kerajinan tekstil ini yang sangat terkenal  salah satunya adalah batik tulis tradisional.  Untuk membuatnya  pengrajin memerlukan alat pembatik yang disebut juga dengan nama canting. Dengan caenting ini kemudian pengrajin akan membuat pola batik dengan lilin panas langsung pada kain.

READ  Game Teka-Teki Keren Brain It On

Kerajinan batik tradisional ini, di Indonesia jenisnya banyak sekali karena banyak daerah sebagai penghasil batik, Sehingga Indonesia memiliki jenis kerajinan batik tradisional dengan corak dan motif yang khas pada masing-masing daerah. Berikut ulasan mengenai berbagai macam  jenis batik trasional yang tersebar di berbagai daerah di seluruh wilayah Indonesia , yuk disimak.

Jenis Kerajinan Tekstil Batik Tradisional Cirebonan

Salah satu jenis kerajinan teksil  ini adalah batik cirebonan yang memiliki pola dan motif yang khas yang tidak ada duanya.  Salah satu motif dan pola baik cirebon yang sampai saat ini masih eksis adalah  mega mendung, singa barong dan wadasan. Motif batik Cirebonan ini awalnya khusus dibuat untuk para sultan pada saat menjalankan upacara. Sedangkan motif wadasan atau batu cadas merupakan gambaran dari situs cagar budaya goa sunyaragi.

READ  Rekomendasi Game Online Pertempuran Pesawat

Jenis Kerajinan Dari Tekstil Yang Kedua Batik Tradisional Yogyakarta

Jenis kerajinan dari tekstil yang lainnya adalah batik Yogyakarta. Meski memiliki kemiripan dengan keraton Surakarta dari segi pola namun batik tradisional Yogyakarta mempunyai nama yang berbeda. Motif batik Surakarta dikenal dengan nama parang sarpa sedangkan untuk motif dan pola balik yang berasal dari Yogyakarta terkenal dengan sebutan motif golang galing. Perhatikan juga artikel menarik tentang game judi online ini ya.

Jenis Kerajinan Dari Tekstil Batik Tradisional Solo

Jenis kerajinan tekstil berikutnya adalah batik tradisional Solo yang sangat terkenal mempunyai ornamen dasar yang sangat halus. Batik tradisional Solo ini ciri khas warna dasarnya krem, biru kehitanan dan juga coklat. Sedangkan untuk jenis pola dana motifnya yang sangat terkenal dan tetap eksis sampai saat ini diantaranya adalah motif candi luhur, srikaton, parang sarpa dan juga ceplok burba.

Demikian uraian singkat mengenai 3 jenis motif kerajinan tekstil batik tradisional yang tetap eksis, Semoga dapat bermanfaat.