Makanan Khas Malang yang Wajib Anda Coba

Makanan Khas Malang yang Wajib Anda Coba. Malang adalah salah satu daerah yang memiliki keunggulan di bidang wisatanya. Bahkan, popularitas wisata di Malang sudah terkenal di seluruh Indonesia, hingga dunia. Di Malang sendiri, Anda akan menemukan berbagai macam bentuk wisata yang bisa Anda nikmati bersama teman, pasangan, atau bahkan keluarga besar Anda ramai-ramai.

Selain wisata alam dan wisata urban yang terkenal, makanan khas Malang adalah salah satu destinasi wajib yang harus Anda datangi dan cicipi. Dengan kondisinya yang unik, Malang memiliki berbagai macam variasi makanan khas yang unik, enak, dan tidak akan bisa Anda dapatkan di tempat lain. Simaklah berikut hotel malang terbaik di tahun 2020. 

Malang memiliki kondisi daerah yang cenderung berbukit dan berada di kaki gunung Arjuno-Welirang. Hal ini pada akhirnya juga memberikan pengaruh besar terhadap makanan khas yang disajikan oleh orang Malang sendiri. Karena hal tersebut, pada akhirnya banyak bermunculan variasi makanan khas Malang yang baru dan menarik untuk dicicipi.

makanan khas Malang

Karena popularitasnya yang melegenda, makanan khas Malang seakan telah menjadi primadona bagi banyak wisatawan yang memiliki kesempatan untuk berkunjung di Malang sebagai lokasi wisatanya. Kekayaan rasa dan tekstur yang dimiliki oleh makanan khas asal Malang sendiri pada akhirnya memberikan pengalaman unik bagi wisatawan yang mencicipinya.

Bagi Anda yang ingin melakukan perjalanan wisata ataupun lainnya ke Malang, terlebih apabila Anda belum pernah ke sana sebelumnya, maka kami sangat menyarankan Anda untuk memahami segala hal unil yang hanya bisa Anda dapatkan di Malang saja, tidak di tempat lain. Salah satu hal tersebut adalah seputar makanan khasnya yang terkenal dan sangat melegenda.

Berikut ini kami paparkan beberapa makanan khas Malang yang wajib Anda coba dan bawa sebagai oleh-oleh untuk sanak saudara di rumah. Dengan kualitas makanan yang unik, makanan khas Malang akan bisa diterima oleh berbagai macam versi lidah dan selera tiap orang. Daftar ini dikhususkan untuk makanan khas Malang saja.

Bakso malang yang melegenda

Bakso malang adalah salah satu makanan yang tergolong “wajib” Anda coba apabila berkunjung di Malang. Dengan popularitasnya yang melegenda, tidak ada orang di Indonesia sendiri yang tidak mengenal cita rasa dan kualitas bakso malang apabila dibandingkan dengan versi bakso lain di beberapa daerah.

Apa yang membedakan bakso malang dengan variasi bakso lain? Salah satu kunci makanan khas Malang ini adalah kekuatan cita rasa kuah kaldunya yang terjamin. Apabila Anda berwisata kuliner di depot bakso asli Malang, maka Anda akan melihat proses langsung beberapa karyawan yang merebus bagian-bagian sapi dengan rempah-rempah khas. Hal ini yang membuat kuah kaldu bakso malang seakan terasa lebih “nendang” dan orisinil.

Salah satu depot bakso malang yang terkenal adalah Bakso President Malang. Uniknya, lokasi depot bakso ini terletak di bantaran rel kereta api. Depot bakso ini seakan menjadi tujuan kuliner wajib apabila Anda sedang berwisata di Malang. Harga yang ditawarkan pun juga terkenal cukup sepadan dengan rasa bakso dan variannya yang sangat melimpah.

Strudel makanan wajib khas Malang

Strudel adalah salah satu varian makanan khas Malang yang berbentuk seperti kue kering yang memiliki rasa manis yang pas. Strudel malang dibuat dengan proses pastry yang membuat adonan kue bisa berlapis-lapis. Lantas, kue tersebut diberikan topping tertentu sesuai dengan yang dibutuhkan. Strudel malang adalah salah satu varian strudel yang wajib Anda coba apabila mengunjungi Malang.  

Salah satu kawasan terbaik di Malang apabila Anda mencari strudel sebagai oleh-oleh adalah di sekitar kawasan Malang Kota, atau di sekitar jalan Sukarno-Hatta. Di sekitar jalan tersebut, berjejer toko-toko yang menjual kuliner strudel malang dengan cita rasa yang sangat khas dan tidak ada duanya.  

Ronde Titoni khas Malang yang nikmat

Dengan lokasi daerah yang sangat dekat dengan pegunungan, maka cuaca di Malang tergolong cukup sejuk, bahkan dingin. Apalagi saat malam. Oleh sebab itu, Anda memerlukan makanan khas Malang yang siap memberikan Anda kenikmatan sekaligus kehangatan untuk menikmati dinginnya suasana Malang yang khas.

Ronde titoni adalah solusi terbaik bagi Anda. Ronde titoni memiliki bahan dasar jahe yang digunakan untuk kuahnya. Selain itu, ronde ini dilengkapi dengan bola-bola yang terbuat dari tepung beras dengan rasa manis yang pas. Oleh sebab itu, makanan khas ini sering disejajarkan dengan sekoteng.

Ronde titoni adakah makanan khas Malang yang wajib Anda coba apabila ingin mengeksplorasi Malang saat malam hari. Dengan sensasi hangat dari jahe, ronde titoni siap memberikan Anda pengalaman terbaik untuk menikmati cuaca dingin dan damainya daerah Malang saat malam hari.

Anda bisa memburu ronde titoni di sekitar kawasan Alun-alun Batu ataupun Alun-alun Malang. Banyak sekali pedagang kaki lima yang menjual jenis ronde ini, terlebih saat malam hari.

Orem-orem yang hanya ada di Malang

Orem-orem adalah salah satu makanan khas Malang yang merupakan perpaduan dari tempe teriris kecil-kecil dan ayam suwir yang disiram kuah kental yang memiliki cita rasa seperti kuah kari. Lebih enak lagi apabila Anda memasukkan potongan lontong atau ketupat sebagai karbohidrat. Orem-orem adalah makanan terbaik untuk disantap saat pagi.

Salah satu depot orem-orem legendaris di Malang terletak di kawasan Jl. Kepanjen, bagian selatan Kota Malang. Di sana, Anda bisa menemukan banyak warung yang menjual orem-orem, terlebih lagi saat pagi hari.

Pecel malang yang unik dan khas

Sebagai salah satu makanan khas Malang tradisional Suku Jawa, pecel juga sangat populer di Malang sebagai varian makanan khas yang wajib Anda coba apabila sedang berada di Malang. Pecel malang adalah salah satu hidangan semivegeterian yang sangat cocok Anda konsumsi karena kandungan sayurnya yang sangat melimpah.

Berbeda dengan variasi pecel dari daerah lain, pecel malang sangat terkenal dengan bumbu kacangnya yang lebih kental dan memiliki sensasi pedas yang lebih terasa. Sebagai makanan khas kota Malang, Anda bisa menemukan pecel di tempat manapun di Malang. Selain itu, harga makanan ini juga tergolong sangat murah dan ramah bagi dompet.

Oleh sebab itu, Anda bisa menemukan makanan khas Malang variasi pecel malang di lokasi mana saja. Apabila Anda mencari pecel malang dengan harga yang sangat murah, Anda bisa menemukannya di kawasan sekitar kampus di Malang, misalnya di jalan sigura-gura.

Menjajal cemilan khas Malang tempe mendol

Tempo mendol adalah salah satu yang wajib Anda coba. Tempe ini disajikan dalam bentuk blok (mendol) sehingga memiliki tekstur yang lebih padat dan lebih terasa cita rasanya. Anda bisa menikmati tempe mendol di hampir semua warung makan di Malang. Perhatikan juga rekomendasi guest house malang

Demikian beberapa makanan khas Malang yang wajib Anda coba apabila kebetulan sedang berkunjung di Malang. Selain daftar di atas, masih banyak makanan khas Malang seperti sate kelinci, rawon, ketan, dan yang lainnya. Tak pelak, Malang juga sering dijuluki sebagai destinasi kuliner terbaik di Jawa Timur yang tidak boleh dilewatkan oleh para pemburu kuliner dari seluruh daerah. 


READ  18 Cara Mempromosikan Tempat Wisata Desa dan Daerah