Faktor Ekonomi Menjadi Penghambat Mobilitas Sosial

Faktor Ekonomi Menjadi Penghambat Mobilitas Sosial

Faktor ekonomi dapat menghambat mobilitas sosial, karena kondisi ekonomi yang buruk membuat sesorang kesulitan mendapatkan pendidikan, pelatihan maupun modal usaha yang diperlukan untuk bisa mendapatkan pekerjaan yang baik atau memulai usaha.

Mobilitas sosial adalah pergerakan terhadap tempat dalam masyarakat yang dilalukan sesorang. Mobilitas sosial dapat dilakukan dengan melibatkan perubahan dalam posisinya dalam hierarki sosial (mobilitas sosial vertikal) ataupun tanpa perubahan posisi (mobilitas sosial horizontal).

Faktor ekonomi sangat berperan penting dalam mobilitas sosial. Sesorang dengan kondisi ekonomi yang baik akan dapat mudah mengakses proses yang membantu mobilitas sosial, terutama pendidikan.

Dengan kondisi ekonomi yang baik, sesorang bisa belajar di sekolah yang baik dan universitas yang baik pula. Dalam tempat belajar ini, seseorang itu dapatmemperoleh ilmu pengetahuan, kemampuan dan ketrampilan yang akan sangat membantu dalam dunia kerja. 

READ  Mengapa persatuan sangat penting bagi bangsa indonesia

Sehingga dia akan mudah mendapatkan pekerjaan yang baik dan bergaji tinggi. Dengan ini dia akan mudah melakukan mobilitas sosial karena posisinya dalam masyarakat akan naik karena memiliki pekerjaan dan penghasilan yang tinggi.

Sebaliknya, orang dengan kondisi ekonomi yang buruk akan sulit mendapatkan pendidikan. Sehingga dia akan putus sekolah atau tidak bisa melanjutkan ke perguruan tinggi. Ketika di dunia kerja, pilihannya akan terbatas dan hanya akan bisa mendapatkan pekerjaan yang sedikit gajinya. Akibatnya dia akan kesulitan memperbaiki posisinya di masyarakat.